Menumbuhkan kesadaran menjaga Lingkungan

Seperti yang diketahui, lingkungan  suatu hal yang terkait dengan kelangsungan hidup baik manusia,hewan ,tumbuhan ,dll.  Terkait dengan hal itu ada 3 kebutuhan mendasar manusia yang bersumber dari lingkungan semisal kebutuhan primer , sekunder, dan tersier (sandang, pangan dan papan).  Kebutuhan tersebut salah satunya adalah kebutuhan yang wajib . Makanan yang kita makan serta air yg kita minum semua  bersumber dari alam. Tidakkah kita berfikir jika alam rusak karena kecerobohan  dan sikap tak acuh terhadap alam/lingkungan, lihatlah apa yang akan terjadi? Dapatkah kita bertahan hidup dengan kondisi lingkungan yang tidak stabil sperti saat ini.

Dalam  sejarah peradaban manusia banyak sekali perbedaan baik dari pola pikir manusia sekarang dan perilaku manusia dahulu.Pada realitas saat ini  manusia dibutakan dengan indahnya merek yang menjanjikan kemudahan dalam mengonsumsi serta menggunakannya. Kita tidak pernah tahu proses dibalik itu semua.  Senyatanya, banyak sekali penderitaan masyarakat dibalik terciptanya produk tersebut.  Contoh kecilnya adalah produk Coca Cola, sebuah perusahaan  luar negeri yang telah  memproduksi minuman akan tetapi jika kitalihat proses pembuatannya, tersebut menciptakan penderitaan bagi masyarakat sekitar  yang kekurangan air. Tidakkah logis jika Negara membiarkan perusahhan itu terus berjalan bahkan mengimpornya keluar negeri sedangkan masyarakat disana kekurangan air. Air adalah kekayaan alam yang tidak ada habisnya serta selalu dibutuhkan oleh manusia. Jika hal itu tidak dilirik dan dibiarkan dimanakah letak tanggung jawab pemimpin dalam mengatasi problem tersebut? Air , makanan,dan apa yang kita pakai dan kita gunakan semua bersumber dari alam. Sadarkah kita jika alam ini rusak karena ulah  manusia maka kelak dengan apa manusia bertahan hidup. jika kita tidak menjaganya.

Pada pertengahan awal abad ke 20 ini terjadi perubahan besar-besaran salah satu faktornya adalah penemuan bahan bakar fosil atau lebih dikenal dengan bahan bakar minyak.  Terjadinya perubahan sikap manusia dalam memanfaatkan alam membuat lingkungan saat ini menjadi tidak stabil bahkan dalam realita  alam saat ini sedang sakit dan hal ini akan berdampak pada rusaknya ekosistem mahluk hidup di bumi.Jika alam ini sakit bagaimanakah hidup kita ,anak cucu kitakedepan  untuk mempertahankan hidup dan menikmati alam ini , karena salah satu sumber dari kebutuhan hidup kita adalah berasal dari alam.

Menjaga lingkungan adalah salah satu kewajiban kita sebagai manusia.  Menjaga dan merawatnya adalah salah satu bentuk kepdulian kita untuk hidup anak cucu kita kelak.  Munculnya masalah dalam lingkungan tidak lepas dari perilaku manusia terutama minimnya kesadaran manusia dalam menhjaga dn merawat limgkungan , untuk itu ada dua hal yang harus kita lakukan sebagai bentuk kepedulian kita ,yakni membuat masyarakat menjadi mellek lingkungan ,adanya gerakan penyadaran untuk mengerti agar orang orang-orang menjadi mellek lingkungan,dll.

Kesadaran adalah kunci utama kita supaya lebih mengerti pentingnya alam untuk hidup kita dan anak cucu di masa depan. Perilaku sadar dalam kategori ini tidak hanya sadar secara lisan melainkan sadar dalam penerapan. Contoh kecilnya tidak membuang sampah di sembarang tempat. Lingkungan bersih manusia sehat.

Penulis: Aya Fauziyah, Student of SMA 3 Annuqayah

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.