Puasa Sunnah di Bulan Muharram (Tasu’a dan Asyura)

https://pixabay.com/id/illustrations/islam-muslim-masjid-ramadan-agama-5261118/

Hai teman – teman, tahu nggak kalau bulan muharram itu bulan yang agung atau biasa disebut syahrullah (bulan Allah) dimana di bulan ini umat islam dilarang untuk melakukan perang, tapi kalau misalkan musuhnya yang menyerang duluan maka melawan dan berperang diperbolehkan. Sungguh sangat mulia bulan muharram ini, Allah SWT melalui hadis nabi Muhammad SAW banyak memberikan informasi tentang keutamaan bulan muharam diantaranya adalah dengan memperbanyak amalan ibadah di bulan muharram, adapun amalan yang dianjurkan sesuai sabda nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh imam Muslim.

“dari Abu Hurairah RA berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah (yaitu) Muharram. Sedangkan shalat malam merupakan shalat yang paling utama sesudah salat fardhu.” (HR. Muslim)

Read More

Amalan yang sangat dianjurkan sekali di bulan ini termasuk pada tanggal 10 muharram atau biasa disebut 10 asyura adalah amalan berpuasa, lalu adakah amalan lain selain berpuasa? tentu ada karena Allah SWT menganjurkan untuk memperbanyak amal ibadah diantaranya yang paling popular adalah bersedekah menyantuni anak yatim dan orang – orang yang sedang mengalami kesulitan. Lalu kapan kita akan melaksanakan puasa di tahun 2021? sekedar saling mengingatkan saja ya bahwa di bulan Muharram ini ada tiga jenis puasa yang disunnakan.

Pertama Puasa Tasu’a, dilaksanakan pada tanggal 09 Muharram jatuh pada hari Rabu tanggal 18 Agustus 2021. Puasa Tasu’a ini bertujuan untuk membedakan antara puasanya umat islam dengan umat beragama lainnya. Karena di bulan muharram khususnya pada 10 muharram ada juga diluar umat islam yang mengerjakan puasa, tentunya sesuai dengan ajarannya mereka sendiri. Nah untuk membedakan hal itu maka puasa Tasu’a ini juga dianjurkan sebagaimana ketika nabi Muhammad SAW memerintahkan para sahabat untuk berpuasa di hari Asyura maka para sahabat berkata, “wahai Rasulullah SAW sesungguhnya hari asyura sangat diagungkan oleh orang Yahudi dan Nasrani, lalu Rasulullah SAW bersabda,” kalau begitu, tahun depan insya Allah kita berpuasa pada tanggal 09 muharram.

Kedua puasa Asyura, dilaksanakan pada tanggal 10 muharram yang jatuh pada hari Kamis Tanggal 19 Agustus 2021, pada hari Asyura banyak sekali peristiwa agung yang terjadi sehingga hari itu termasuk hari yang diagungkan diantaranya ada 15 peristiwa yaitu

  1. Diciptakannya nabi adam AS di surga
  2. Diterimanya taubat nabi adam as setelah Allah SWT mengeluarkannya dari surga dan menempatkannya di alam dunia ini.
  3. Diselamatkannya nabi Nuh AS didalam perahu ketika banjir besar.
  4. Diselamatkannya Nabi Musa AS dari kejaran Fir’aun (tongkat nabi musa membelah lautan)
  5. Tenggelamnya firaun di laut merah ketika mengejar nabi Musa AS
  6. Diselamatkannya nabi Yunus dari perut ikan
  7. Diselamatkannya nabi Yusuf AS dari dalam sumur
  8. Diterimanya taubat nabi Yunus AS
  9. Dilahirkannya Nabi Ibrahim AS
  10. Selamatnya nabi Ibrahim dari api yang membakarnya
  11. Dilahirkannya nabi Isa AS
  12. Diangkatnya nabi Isa AS ke langit
  13. Dikembalikannya penglihatan nabi Ya’qub AS
  14. Dihilangkannya mudharat /disembuhkannya nabi Ayyub AS
  15. Diampuninya nabi Daud AS

Keutamaan puasa Asyura yaitu dapat menghapus dosa dosa selama satu tahun, tentunya hal ini tidak boleh dijadikan alasan kita berbuat dosa di kemudian hari dengan anggapan dosa kita akan diampuni.

 Nah untuk selanjutnya teman teman juga bisa melanjutkan puasa Ayyamul Bidh yang dilaksanakan tanggal 13-15 Muharram yang jatuh pada hari Minggu, Senin dan Selasa tanggal 22-24 Agustus 2021

Untuk niat puasnya sebagai berikut

“Nawaitu Shauma ghadin ‘an ada’I sunanati ‘Asyura lillahi ta’ala

Artinya: saya berniat puasa sunah Asyura karena Allah Lillahi ta’ala

Untuk niat puasa yang lain hampir sama tinggal diganti nama puasa sunnahnya ya, terimakasih semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.