Mengenal Lebih dalam Pemaknaan Search Intent

Apa itu Search Intent?

Akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah search intent, bukan? Bagi teman-teman yang sudah akrab dengan SEO, istilah search intent sudah tidak asing lagi. Yang sering kita jumpai malah istilah keywords atau kata kunci di suatu artikel.

Read More

Search intent dipahami sebagai istilah untuk mendeskripsikan tujuan dari pencarian (secara online). Berdasar informasi dari SEMrush yang menyebutkan makna search intent yakni tujuan para pengguna untuk menelaah keywords. Hasil interaksi pengguna dengan mesin pencari

Google melakukan analisis berdasar dari hasil pencarian para pengguna, maksudnya untuk menentukan apa yang dicari dan yang harus ditampilkan, sesuai dengan kebutuhan informasi para pengguna, baik kebutuhan dari skala sederhana hingga yang lebih kompleks.

Bagi marketer yang ingin mengembangkan bisnisnya di web, search intent merupakan suatu hal urgen untuk ditinjau lebih mendalam. Oleh karena itu perlu mengenal lebih dekat tentang istilah search intent  baik tipe, fungsi, dan lainnya.

Tipe-tipe Search Intent

Search intent terbagi dalam beberapa jenis berdasarkan tujuan manfaat dan fungsinya, di antaranya adalah; Kebutuhan akan informasi, sarana navigasi, kebutuhan pembelian, dan investigasi komersial.

  1. Kebutuhan akan informasi

Mayoritas pengguna internet berselancar untuk mencari informasi, baik hanya sebatas ingin mencari informasi lebih mendalam semisal ‘Mengapa terjadi banjir?’ atau hanya sekedar ingin tahu saja tentang suatu hal semisal informasi minyak goreng, khasiat buah kurma, tips hubungan langgeng, dan lainnya.

Umumnya untuk kata khusus yang digunakan dimulai dengan kata apa, bagaimana, kapan, dimana, seperti apa, bagaimana, tips, cara, langkah, dan sejenisnya.

  • Sarana navigasi

Jenis search intent yang tidak terlalu berpengaruh pada trafik website. Biasanya pengguna yang ingin mencari informasi dan ingin mengunjungi suatu website, hanya cukup mengetik key words saja.Biasanya diawali dengan suatu nama, baik nama produk, nama barang, atau nama layanan jasa tertentu.

  • Kebutuhan pembelian

Sebagian besar masyarakat yang ingin mencari tahu informasi suatu barang dan bermaksud untuk membelinya, ia mencari tahu dengan cukup mengetik kata kunci produk tertentu secara spesifik di search intent. Semisal kita mengetik beli barang … murah dan berkualitas. Kalimat tersebut sering digunakan untuk mencari tahu informasi barang.

  •  Investigasi komersial

Pengguna yang sedang berniat membeli barang suatu produk tertentu, ia akan mencari tahu informasi terkait barang atau produk tersebut. Umumnya ia membaca review atau komentar tentang produk itu. Mesin pencari akan menampilkan suatu produk sesuai dengan kata kunci dan review produk-produk yang dimaksud. Misal kata kunci review barang … , Layanan jasa pinjam terbaik, dan lainnya.

Alasan Pentingnya Search Intent bagi SEO

Mengapa search intent ini penting? Bagi para pengguna search inten memudahkan kita menemukan kebutuhan informasi tentang suatu hal yang ingin kita ketahui, baik lebih mendalam atau hanya sekedarnya. Oleh karena ini penting membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, sebab tidak semua pengguna tertarik membaca konten seperti konten artikel. Itulah mengapa kita perlu mengetahui fungsi search inten dan jenis-jenisnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.