Yuk, Ketahui Tata Cara dan Niat Shalat Idul Adha 

Hari raya Idul Adha sudah di depan mata. Berdasarkan hasil sidang isbat pemerintah, telah menetapkan hari raya Idul Adha tahun 1443 Hijriah jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022. Oleh sebab itu semua kaum muslimin disunnahkan untuk melaksanakan sholat Idul Adha.

Bagi Anda yang menanyakan hukum dari sholat Idul Adha, yaitu sunnah muakkad, artinya sunnah yang diharuskan. Selain itu, untuk mendapatkan pahala yang lebih sempurna lagi, dengan melaksanakan puasa Tarwiyah dan Arafah.

Di bawah ini ada beberapa tata cara shalat idul Adha yang bisa Anda lakukan, simak selanjutnya di bawah ini! 

Tata Cara dan Niat Shalat Idul Adha

Adapun tata cara sholat sunah Idul Adha hampir sama seperti shalat sunah pada umumnya, tetapi ada sedikit perbedaan. Dalam shalat Idul Adha setelah takbiratul ihram dilanjutkan dengan tujuh kali takbir kemudian dilanjutkan seperti shalat pada umumnya.

Bagi Anda yang lupa tata cara shalat Idul Adha, berikut ini Langkah-langkah yang bisa kalian lakukan.

1.     Niat shalat

Berlaku bagi imam dan makmum, adapun niatnya:

Usalli sunnatan li ‘idil Adha rak’ataini makmuman/imaman lillahita’ala

 Artinya:

“Saya niat melaksanakan shalat Sunah Idul Adha sebagai (makmum/imam) karena Allah Ta’ala”

2.     Takbiratul ihram

3.     Takbir lagi sebanyak tujuh kali (7x), disunahkan membaca dzikir di antara takbir

4.     Membaca surat al-Fatihah dilanjut dengan bacaan surat lainnya

5.     Ruku’ dengan tuma’ninah

6.     I’tidal dengan tuma’ninah

7.     Sujud dengan tuma’ninah

8.     Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah

9.     Sujud kedua dengan tuma’ninah

10.  Bangkit dari sujud

11.  Kemudian takbir lagi sebanyak lima kali (5X)

Begitupun seterusnya sebagaimana langkah-langkah di atas kemudian diakhiri dengan salam.

Setelah shalat Idul Adha selesai maka dilanjut dengan khutbah. Bacaan khutbah ini tidak jauh berbeda dari khutbah salat Jumat, hanya saja temanya biasanya berkaitan dengan momentum Idul Qurban.

Idul Adha juga sering disebut dengan Idul Qurban. Alasanya karena di hari raya Idul Adha merupakan waktu diperintahkan untuk melaksanakan kurban sebagaimana yang telah dikisahkan pada masa Nabi Ibrahim a.s.

Adapun waktu pelaksanaan shalat Idul Adha sunnah dilakukan di pagi hari guna mempercepat ibadah selanjutnya yaitu melaksanakan kurban. Adapun hewan-hewan yang tergolong diperbolehkan dijadikan kurban adalah sapi, kambing atau domba.

Banyak amalan sunah yang bisa dilakukan pada saat hari raya Idul Adha di antaranya adalah memperbanyak takbir hingga selesai hari Tasyriq yang bertepatan pada tanggal 11, 12, 13 Dzulhijjah yang dilakukan setelah melakukan shalat fardu.

Idul Adha merupakan momen yang sangat bersejarah bagi umat Islam di dunia yaitu bagi mereka yang melaksanakan ibadah Haji ke Baitullah menunaikan rukun Islam yang ke lima.

Demikian artikel singkat yang bermanfaat untuk Anda tentang tata cara shalat Idul Adha. Simak artikel-artikel lainnya di Panggonmaca.com .

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.