Apa itu VPS? Inilah Penjelasan Lengkap dan Jenis-jenisnya!

Panggonmaca-VPS adalah jenis layanan yang berfungsi menyimpan data penting. Namun, sudahkah mengetahui lebih mendalam apa itu VPS dan jenis-jenisnya?

Bagi kalangan web developer atau IT, tentu sudah tidak asing dengan istilah VPS. Virtual Private Server (VPS) yang merupakan jenis web hosting yang memiliki banyak kelebihan.

Nah, masih tertarik belajar VPS lebih mendalam? Artikel ini akan mengulas rincian informasi apa itu VPS, fungsi, manfaat, dan jenis-jenisnya. Simak penjelasan berikut ini, yuk!

Apa itu VPS?

Melansir dari artikel Inmotion Hosting, VPS adalah mesin virtual dengan kemampuan beroperasi seperti server fisik dan mampu menyimpan data-data penting pada website. Kemudahan dalam penggunaan pada layanan mesin virtual ini menjadi nilai plus dan bisa dioptimalkan dengan baik dan tepat. 

Setelah Anda mengetahui pengertian apa itu VPS, selanjutnya penting mengidentifikasi dan memahami kebutuhan dalam memilih paket web hosting. 

Ada beberapa alasan yang dapat dijadikan pertimbangan sebelum menggunakan layanan VPS. Nah, apa saja keunggulannya? 

  • Skalabilitas
  • Performa yang cepat
  • Memiliki tingkat keamanan dan privasi yang tinggi dan terpercaya
  • Bisa mengatur kostumisasi sesuai kebutuhan.

Dari beberapa keunggulan tersebut, sudah jelas VPS sangat membantu performa website apa lagi untuk kepentingan perusahaan atau bisnis  tertentu.

Jadi, bila diibaratkan, VPS seperti kos-kosan yang di dalamnya tersedia sederet kamar-kamar dengan ragam fasilitasnya. Masing-masing penyewa memiliki hak atas kamar kos tersebut dan melakukan modifikasi sesuai keinginannya. 

Nah, bangunan kos ini ibarat seperti server fisik, sedangkan penyewa kamar kos merupakan konsumen penyewa VPS. 

Jadi, dalam VPS seseorang bisa dengan leluasa melakukan konfigurasi sesuai kebutuhan yang diinginkan.

Fungsi VPS 

Fungsi VPS dapat membantu dan meningkatkan kinerja suatu bisnis online atau kinerja website. Di bawah ini terdapat beberapa fungsi VPS yang perlu Anda ketahui.

  1.  Sebagai server uji coba 

Fungsi VPS pertama adalah bisa menjadi server percobaan, terutama dalam mengembangkan perangkat lunak, yang pasti membutuhkan server untuk tes  uji coba. VPS bisa mengambil peran ini dan dijadikan server percobaan suatu aplikasi tertentu.

  1. Sebagai web hosting

Fungsi kedua, VPS juga bisa menjadi server website atau web hosting. Bagi Anda yang memiliki bisnis jasa membuat website, bisa menggunakan VPS untuk mengontrol website klien. 

Nah, jika memiliki website pribadi dan trafficnya tidak bisa ditangani dengan shared hosting, maka disarankan untuk beralih menggunakan VPS hosting. 

  1. Sebagai server Virtual Private Network (VPN)

VPS bisa digunakan sebagai Virtual Private Network (VPN), yaitu jaringan privat yang hanya bisa diakses oleh orang tertentu dan bisa dimanfaatkan oleh suatu perusahaan yang membutuhkan layanan jaringan private virtual.

VPS bisa menjadi VPN yang dapat menghubungkan antar perangkat dan menyimpan data-data penting dengan tingkat keamanan yang tinggi. 

  1. Sebagai penyimpanan file hosting

Fungsi VPS lainnya juga bisa sebagai layanan file hosting yang bisa membantu menyimpan berbagai data penting, baik yang berukuran kecil maupun besar sekalipun serta mampu diakses atau dijangkau. 

  1. Sebagai server Remote Desktop Protocol (RDP)

Fungsi VPS selanjutnya yaitu sebagai Remote Desktop Protocol (RDP) yang mampu memberikan kebebasan akses untuk menggunakan server remote melalui PC pribadi selama 24 jam atau tanpa batasan. Anda juga bisa menjalankan program meskipun komputer dalam keadaan off.  

Keuntungan Menggunakan VPS

Melansir artikel Inmotion Hosting, manfaat VPS bagi sebagian orang karena mampu memberikan pelayanan fungsi server khusus yang bikin aman sekaligus biaya yang cenderung terjangkau.

VPS merupakan server fisik menyerupai share hosting memiliki resource yang besar. Fungsinya cukup beragam dan termasuk layanan dengan penyimpan data yang aman. 

Penggunaan VPS tersendiri selain menyediakan layanan yang cukup fleksibel dan penawaran kontrol yang apik, terdapat beberapa keuntungan yang bisa dirasakan, di antaranya:

  • Performa website lebih stabil
  • Bisa menginstal tambahan perangkat lunak
  • Mempunyai custom resource yang fleksibel

Penggunaan VPS, menawarkan kemudahan dan layanan yang cukup membantu, serta memudahkan Anda dalam memilih prosesor, hardisk, dan RAM yang disesuaikan. Namun, jangan lupa untuk memilih VPS dengan kualitas terbaik.

Jenis-jenis VPS

Melansir dari artikel Kingservers, ada beberapa jenis VPS yang penting diketahui, di antaranya:

  1. Openvz

OpenVZ merupakan salah satu jenis virtualisasi dalam sistem operasi linux yang bekerja di dalam macam-macam kernel. 

Penting untuk diketahui bahwa VPS jenis OpenVZ ini tidak dapat menggunakan windows menjadi bagian dari sistem operasinya. Jadi, sebelum menggunakan, harus benar-benar selektif memilih jenis VPS yang sesuai dengan kebutuhan. 

  1. VMware

VMware merupakan jenis VPS yang memiliki beberapa keuntungan, di antaranya: Performa dan stabilitas yang tinggi, seorang pengguna bisa mengalokasikan sumber daya dengan tepat dan dinamis, dan lainnya.

  1. XEN

XEN merupakan jenis virtualisasi di tingkat kernel. Jenis VPS ini dapat mendukung kebutuhan server yang diperlukan. 

Terdapat beberapa kelebihan penggunaan XEN, di antaranya: Pemisahan sumber daya yang terisolasi, pengguna bisa berpindah mesin ketika online tanpa menghentikan proses kerja yang lain, dan keuntungan lainnya.

  1. KVM

Jenis VPS selanjutnya adalah KVM yaitu Kernel-based Virtual Machine, merupakan virtual private server yang perangkatnya kerasnya menggunakan teknologi dari perusahaan Red Hat sebuah layanan OS Linux.

KVM menyediakan stabilitas layanan kinerja yang dapat membuat VPS bisa berinteraksi langsung dengan perangkat kerasnya. Salah satu keunggulan KVM adalah memiliki kontrol yang lebih lengkap dibanding OpenVZ. 

Penutup

Demikian ulasan artikel Panggonmaca tentang apa itu VPS, jenis VPS, manfaat VPS dan fungsi VPS yang perlu Anda ketahui. Mencari tahu informasi terlebih dahulu sebelum menggunakan tentu dapat meningkatkan wawasan terutama dalam pemilihan VPS untuk performa website.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.