6 Alternatif Tidak Ngantuk Ketika Bekerja

Tim kalangan pekerja atau karyawan yang mengantuk di selepas makan siang tentu tidak sedikit. Lalu apa yang bisa kita lakukan ketika ngantuk datang menyerang dan mengganggu fokus ketika bekerja?

Beberapa orang yang mengalami ngantuk setelah jam makan siang tentu akan sangat terganggu dengan kondisi ini. Aktivitas menjadi  terganggu kemudian mencari cara untuk mengatasinya. Ada yang berolahraga ada pula yang mencoba mengalihkan pandangan dari layar monitor komputer ke arah lainnya. 

Ngantuk memang kerap mengganggu lebih-lebih ketika dalam keadaan kenyang, rasanya enggan bergerak atau beraktivitas. 

  1. Minum Kopi

Strategi pertama yaitu minum kopi. Kafein yang terkandung di dalam kopi mampu membuat mata terjaga selama 5 jam hingga 9 jam. Namun, durasi waktu ini bisa saja berubah tergantung dari batas usia yang mengonsumsinya.

  1. Mendengarkan musik favorit

Alternatif mengatasi ngantuk adalah dengan mendengarkan musik kesukaan. Musik dengan alunan syahdu dan nada pelan cenderung membuat ngantuk datang, tetapi keadaan ini memiliki pengecualian, terutama bagi penikmat musik yang fanatik.

  1. Sedia cemilan pedas atau kesukaan

Alternatif lainnya yang sering dilakukan oleh para karyawan atau pekerja lain untuk mengatasi ngantuk adalah mengonsumsi cemilan pedas atau cemilan kesukaan. Rasa pedas di ujung lidah memunculkan sensasi panas dan terbakar, karena mengandung senyawa capsaicin yang semakin dikonsumsi semakin pedas. 

  1. Minum air

Mengonsumsi air ketika ngantuk datang juga merupakan alternatif yang dapat dipraktikkan. Air dapat memberikan stimulus rasa segar pada tubuh, karena sentuhan dinginnya. 

  1.  Bergerak atau olahraga

Solusi lain mengatasi ngantuk adalah dengan melakukan gerakan seperti berjalan atau olah raga. Dengan begitu setiap persendirian menjadi aktif karena organ-organ tubuh dipaksa untuk melakukan aktivitas. Dengan beraktivitas, seseorang dapat terjaga dan tidak mengantuk lagi.

  1. Mengalihkan pandangan dari komputer

Bisa jadi ngantuk dipicu karena terlalu lama memandangi layar komputer. Oleh karena itu, alihkan pandangan ketika mulai mengantuk agar fokus teralihkan kepada objek lainnya.

Berbagai tips mengatasi ngantuk di atas dapat dijadikan alternatif mujarab bagi berbagai kalangan karyawan atau pekerja. Mengantuk di saat kerja sangat mengganggu aktivitas dan pekerjaan jadi kurang produktif. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.