Bagaimana Menjadi Muslim Sejati?

Muslim adalah sebutan bagi orang-orang yang memilih Islam menjadi agama yang dianutnya. Sebagian orang juga memaknai ‘muslim’ sebutan bagi orang-orang yang berserah diri kepada Allah SWT dan taat pada-Nya. Lalu bagaimana caranya supaya kita bisa menjadi muslim sejati sesuai syariat Islam, simak penjelasan berikut ini!

Menjadi muslim sejati merupakan bentuk ketaatan kita kepad Allah SWT dalam menjalankan perintahnya dan menjauhi segala laranganya. Orang Islam harus mampu menjalankan kewajiban yang telah diperintahkan oleh Tuhan-Nya secara istiqomah agar termasuk dalam kategori sebagai seorang muslim sejati.

Nah, untuk menjadi muslim sejati, berikut terdapat beberapa kewajiban bagi seorang muslim;

  1. Hablu minallah 

Hubungan dengan Allah, sebagaimana tujuan diciptakanya manusia adalah untuk ibadah maka seorang muslim harus mampu melaksanakan kewajibanya untuk menjalankan amal ibadah yang telah diperintahkan oleh Allah SWT. Seperti shalat lima waktu, puasa di bulan Ramadhan, zakat, dan juga kewajiban yang laianya.

  1. Hablu minannas 

Hubungan dengan sesama manusia, karena kita hidup di dunia tidak sendiri maka kita harus bersikap baik atau menjalani hubungan baik sesama manusia. Alasannya, karena manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan peran orang lain. Artinya antara sesama manusia ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita sehari-hari, di antaranya adalah saling tolong menolong, berperilaku baik, dan saling menghargai.

Dari pembagian kewajiban seorang muslim di atas, hendaknya bisa menyeimbangkan dua kewajiban tersebut. Namun, jika hanya salah satunya maka tidak akan ada keseimbangan sehingga tidak bisa dikatakan sebagai muslim sejati.

Muslim sejati merupakan muslim yang mampu menyeimbangkan antara urusan dengan Allah dan manusia begitu pula dengan ibadah, ada ibadah mahdhah yaitu ibadah yang langsung berhubungan dengan Allah. Ada juga ibadah ghairu mahdhah yaitu ibadah yang melalui perantara manusia, contohnya seperti zakat, sedekah, dan lain sebagainya yang membutuhkan perantara manusia.

Menjadi muslim sejati memang tidak gampang, tetapi jika diniatkan dengan tekat yang kuat untuk berusaha berserah diri kepada Allah, akan ada jalan terbaik untuk mereka yang mauberusaha menjemput hidayah dari Allah SWT. 

Dalam Islam, menjadi muslim sejati merupakan jalan untuk mendapatkan kebahagian dunia dan akhirat, intinya dalam memeluk agama Islam jangan setengah-setengah, artinya harus kaffah atau menyeluruh. 

sebagaimana syariat Islam menganjurkan kepada kita untuk senantiasa bertauhid atau beriman kepada Allah yang tidak boleh setengah-setengah. Jika masih ada rasa syirik dalam diri seorang muslim atau menyekutukan Allah SWT., maka tidak akan pernah diterima semua amal ibadahnya. Karena Tuhan sangat membenci pada hamba-NYa yang menyekutukan-Nya.

Oleh karena itu, jadilah muslim sejati yang taat pada Allah dna berserah pada-Nya dan Nabi Muhammad sebagi Rasul utusan Allah. Percaya kepada kitab Allah yaitu Al Qur’an sebagai firman Tuhan yang diturunkan kepada Nabi Muhammad. Hal ini sebagaimana dalam rukun iman yang ada enam. Yaitu Percaya pada Allah, malaikat Allah, Kitab Allah, Rasulullah, Hari akhir, dan kepada Takdir atau ketetapan Allah.

Barang siapa yang mau bahagia di dunia dan akhirat, maka kuncinya menjadi muslim sejati yang taat pada Allah dan Rasulullah, menyebarkan kedamaian dan saling toleransi. Begitulah rahasia hidup aman dan selamat di dunia dan akhirat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.