Deretan 5 Tips Sugih Dalam Islam

pexels.com

Banyak orang berharap bisa menjadi kaya atau sugih. Rasanya bahagia sekali bila banyak harta dan hidup berkecukupan hingga akhirnya banyak orang yang bersusah payah bekerja untuk memiliki harta. 

Namun, ada pula orang-orang di luar sana yang justru ketika kaya malah hidupnya banyak masalah dan bahkan lebih menderita. Ada pula yang tenteram dan banyak sedekah, tergantung niat dalam hati. Dari beragam perbedaan kondisi ini, lalu apa itu sugih (kaya) yang sesungguhnya?

Nah, banyak orang yang menginginkan kehidupan kaya harta, tetapi perlu kita ketahui bahwa agama Islam memiliki deretan tips bagi orang yang ingin menjadi  kaya dengan harta yang berkah dan membahagiakan. Kira-kira apa saja tipsnya? Yuk simak ulasan berikut ini!

Tips Sugih dalam Islam

Manusia tanpa terkecuali sebagian besar punya cita-cita atau keinginan menjadi orang sugih, tapi bergelimang harta yang berkah dan tentunya bukan kaya dari hasil ilmu hitam atau pesugihan seperti melihara tuyul dan semacamnya.

Syariat Islam banyak memberikan tips sugih dengan cara yang halal dan baik bagi umat Islam yang berniat untuk memperbanyak hartanya.  Beberapa amalannya dapat dipraktikkan sehari-hari.

  1. Istiqomah Salat Duha 

Salat duha merupakan salat yang dilaksanakan di waktu duha yaitu ketika matahari terbit dan sudah terlihat jelas di sebelah timur. Keutamaan salat duha ialah akan memberikan kecukupan atas rezeki yang Allah SWT berikan kepada kita semua.

  1. Bersedekah 

Bersedekah bikin ternyata juga membuat orang sugih. Kalau kita rajin membantu orang, membantu meringankan saudara secara tidak langsung ikut memberikan ketenangan dalam hatinya hingga kebaikan kita berbekas di hati mereka, tanpa mereka sadari mereka akan memohon atau berdoa kebaikan kepada kita.

Jika kita berbuat baik kepada orang, maka Allah akan mengganti kebaikan tersebut walau sekecil biji kurma. Sebagaimana firman Allah dalam Q.S Ar-Rahman: 60

“Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula).”

Janji Allah cukup jelas bagi orang yang ringan tangan membantu atau bersedekah kepada orang lain. Akan banyak kemudahan rezeki dari Allah SWT dengan bersedekah. 

Mungkin secara nilai dan secara penilaian logis telah berkurang dari harta kita, tetapi hakikatnya kita sedang menambah saldo dari rezeki yang akan Allah balas dengan yang berlipat ganda di waktu yang tidak terduga. Hal ini telah banyak yang merasakannya, tapi ada pula yang justru takabur, bahwasanya Allah Maha Pemurah dan Maha Pengasih bagi hambaNya yang taat.

  1. Istiqomah membaca surat Al Waqi’ah ketika pagi

Sudah sangat mashur di kalangan masyarakat bahwa surat Al-Waqi’ah sering disebut rahasia mujarab agar dijauhkan dari kefakiran, membaca surat Ar Rahman memiliki fadhilah yang sangat luar biasa karena barang siapa yang membacanya setiap hari maka Allah SWT akan menjauhkan dari sifat fakir seperti fakir ilmu, harta, waktu, dan lainnya.

  1. Berbakti kepada kedua orang tua 

Sering sekali orang melupakan hal ini tapi perlu kita semua tahu bahwa kunci untuk sugih juga ada pada doa dan restu orang tua, karena doa yang tidak ada hijab atau penghalang  adalah doanya orang tua. 

  1. Murnikan niat sempurnakan Ikhtiar

Jadi setiap amalan kita harus karena Allah SWT, ikhlas karena Allah. Jadi jangan sampai niat salat duha hanya karena ingin kaya, tetapi niatkan ingin mengharap ridho Allah SWT. Selain amalan, jangan lupa untuk berusaha dan berikhtiar untuk mewujudkan segala harapannya. 

Di antara tips di atas mungkin sudah ada beberapa yang diamalkan oleh kita, tetapi belum sugih-sugih juga, hal ini sebuah petanda bahwa Allah SWT menyuruh kita untuk selalu bersyukur atas nikmat lainnya yang diberikan. 

Karena hakikatnya sugih bukan hanya persoalan harta kekayaan yang banyak tetapi ini mencakup pula kesehatan, kewarasan akal, keluarga yang sakinah mawadah dan warahmah, anak yang saleh dan salehah, memiliki teman yang baik, memiliki relasi yang baik, dan juga ketenangan dan kenyamanan dalam menjalani kehidupan di diunia ini

Jika tips tersebut belum ada hasil maka tugas kita adalah bersikap pasrah kepada Allah SWT, karena sesungguhnya manfaat dan mudharat semua atas izin Allah SWT. Wallahu a’lam.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.