Pendidikan Berkualitas itu Seperti Apa?

istockphoto.com

Siapa yang tidak ingin pendidikan lebih maju? Syarat bagi negara maju adalah memiliki SDM yang berkualitas. Secara tidak langsung agar memiliki pendidikan berkualitas maka pendidikan dan kurikulum harus relevan mendukung atas kemajuan tersebut. Lalu seperti apa pendidikan berkualitas tersebut? Begini Penjelasannya!

Banyak orang bertanya-tanya atau berharap agar pendidikan di Tanah Air ini berkualitas. Banyak pula yang tidak tahan mengapa masih banyak pengangguran, minimnya lowongan kerja, pendidikan dan kurikulum yang selama ini diajarkan di bangku pendidikan tidak relevan dengan kebutuhan dunia industri. 

Kebutuhan seseorang yang mengenyam pendidikan setelah lulus pasti akan ditanya, kerja apa setelah ini? Pada bingung kan? Melamar kesana kemari tidak kunjung mendapat panggilan dari HRD. Lalu overthinking sendiri, stres dengan keadaan diri, alhasil sakit karena pengaruh mental dan keadaan psikis yang tidak sehat.

Keadaan ini sering dialami oleh masing-masing kita yang baru lulus. Memiliki idealisme tinggi dan ingin bekerja sesuai dengan latar belakang pendidikan. Alhasil yang lulusan bidang studi keagamaan mentok menjadi guru di lembaga pendidikan. Namun, kebutuhan guru tidak merata banyak dibutuhkan karena membludaknya para lulusan sekolah agama. Lalu muncul tanda tanya, apa yang harus dilakukan oleh lulusan tersebut? 

Menjawab hal ini tentu saja terkoneksi dengan keadaan pendidikan. Apakah pendidikan negeri ini sudah membantu terhadap pertambahan skill masyarakat saat ini? Banyak para orang tua menaruh harapan besar pada pendidikan anak-anaknya. Bagi mereka pendidikan adalah ruang menuju kesuksesan karir. 

Bagi sebagian kalangan menganggap bahwa pendidikan adalah investasi menuju gerbang keluar dari masalah kemiskinan keluarga. Meski pada kenyataannya biaya pendidikan cukup beragam ada yang mahal ada pula yang murah. Pendidikan swasta contohnya, tawaran kurikulum dan program pelatihan skill yang sangat baik. Berbeda dengan pendidikan negeri meski murah dan tidak ada biaya mahal dinilai cukup membantu dengan sarana dan prasarana yang terbatas. 

Membaca pendidikan berkualitas, kita sering mengkoneksikannya dengan pendidikan di mana fasilitas dan manajemen yang lebih up to date, identik dengan modernisasi. Kelengkapan sarana prasarana yang mampu menunjang kegiatan pembelajaran atau kegiatan-kegiatan sekolah lainnya. 

Namun, nyatanya pendidikan berkualitas itu tidak hanya diukur dari kelengkapan sarana, ada pula hal lainnya yang dapat membuat sistem tersebut menjadi lebih baik. Salah satunya seperti proses pembelajaran, budaya yang dibangun serta kurikulumnya. 

Anak yang berkualitas, cerdas dan memiliki keterampilan lahir dari budaya dan sistem yang mendukung mereka tumbuh lebih baik menemukan jati diri, minat, dan apa yang mereka inginkan di masa depan. Pendidikan berkualitas perlu memiliki guru yang kompeten di mana proses pembelajarannya dapat membantu anak berkembang lebih optimal.

Pendidikan berkualitas tidak hanya membahas tentang sarana, ada pula kepemimpinan Kepala Sekolah, perhatian pemerintah terhadap pendidikan di daerah-daerah, bagaimana kurikulum terimplementasi dengan tepat.  

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.