Merdeka Belajar, Suatu Alternatif Memajukan Pendidikan

Pixsabay.com

Masih dalam rangka hari kemerdekaan sebagai anak bangsa yang berpendidikan, kalian sudah tahu belum kalau hari ini dalam pendidikan ada kurikulum baru yang dikenal dengan Merdeka Belajar? nah pasti kalian sudah tidak asing lagi kan solal istilah merdeka belajar, tapi masih bingung pastinya dan masih bertanya tanya tentang kurikulum Merdeka Belajar.

Ada yang bilang merdeka belajar itu identik dengan kebebasan siswa dalam belajar. Bisa juga dengan santai tanpa ada beban yang membuat stres dalam proses belajar. Emangnya ada pendidikan yang bisa bikin siswanya tidak pusing? Perasaan di zaman dahulu lumayan pusingnya minta ampun apalagi ditambah pekerjaan rumah setiap harinya. 

Dampak diberlakukanya Merdeka Belajar

Pada awal juli 2020 Mas Menteri Pendidikan Nadiem Makarim memberikan kebijakan baru penerapan kurikulum Merdeka Belajar yang akan mengubah sistem ujian sekolah dan ujian nasional. 

Ujian nasional ditiadakan 

Jadi kalau sudah menerapkan Merdeka Belajar, maka ujian nasional sudah tidak berlaku lagi. Namun sebagai gantinya ada program Asesmen Kompetensi Minimum yang lebih ditekankan pada literasi dan numerasi yang bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih terhadap siswa melalui kegiatan sehari-hari.

Survei karakter

Nah, pada bagian survei karakter lebih kepada kehidupan siswa sehari hari. Semisal apakah perilaku siswa sudah sesuai dengan asas-asas Pancasila atau belum. Hal ini ternyata dapat bekerja membantu Menteri pendidikan untuk mempersiapkan model pendidikan di masa depan

USBN dibebankan kepada sekolah

Jadi sekolah dibebaskan untuk mengikuti kuri sesuai kebijakan sendiri. Nilai yang didapat bukan hanya dari nilai tulis, tetapi bisa dari nilai individu dan kelompok tugasnya atau bisa saja dari portofolio atau karya tulis lainnya. 

Belajar bisa diluar kelas 

Yang demikian ini tentu saja sangat diharapkan membuat siswa bisa mengekspresikan pembelajaran dengan maksimal, sehingga ada diskusi atau hal lainya seperti bertanya dan mandiri.

Sistem zonasi

Sistem zonasi penerimaan murid baru akan berubah sesuai kebijakan daerah masing masing.

Nah itulah lima dampak dari program kurikulum baru Merdeka Belajar. Awas jangan salah kaprah ya, mentang-mentang merdeka jadi belajarnya seenaknya saja. Merdeka belajar juga sangat berpengaruh di era teknologi seperti sekarang atau dikenal era 4.0.  Informasi yang didapat begitu cepat sehingga sistem pendidikan di Indonesia khususnya harus senantiasa di-upgrade karena saat ini banyak orang menyadari bahwa dengan fokus di salah satu bidang saja. 

Seseorang dapat saja menjadi ahli di bidangnya karena sudah jelas akan bagus. Hal ini tentu berbeda keadaannya dengan orang yang hanya mempelajari sewajarnya tanpa ada cita-cita mengembangkan.

Bagi saya, merdeka belajar ada baik dan buruknya. Sederhananya mungkin berdampak kepada SDM dan fasilitas yang menunjang pendidikan tersebut, jangan sampai sistem pendidikan yang baru ini terkesan mudah tapi malah mempersulit. Mungkin pengaruh penyampaian, pendampingan bahkan sistem sekolah sejalur dengan kurikulum Merdeka Belajar. Hal ini untuk mempermudah siswa dalam merespon kurikulum yang baru ini.

Sisi baik dari kurikulum Merdeka Belajar adalah mengubah psikologi siswa yang dulunya stres menjadi lebih baik, tidak lagi terbebani tugas ketika sekolah. Dengan adanya program kurikulum baru Merdeka Belajar, maka hal ini membuat siswa senang dan belajar pun akan terasa lebih nikmat dan bisa maksimal dalam mengikuti pembelajaran di sekolah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.